Jumat, 07 Agustus 2015

Toko Oleh-Oleh Yang Wajib Anda Kunjungi Kalau Ke Kota Ini

Selama perjalanan kami sekeluarga ke beberapa kota di Jawa libur lebaran lalu, tentunya kurang afdhol rasanya kalau tidak belanja oleh-oleh makanan khas baik untuk sendiri maupun untuk dibagikan kepada para kerabat.

Berikut toko oleh-oleh yang kami kunjungi selama perjalanan kami beserta makanan khas yang kami rekomendasikan untuk anda coba disana.

Toko LEZAT Magelang
Berlokasi di JL. Jenderal Sudirman, No. 2, Magersari, Magelang Selatan, di toko ini menjual bermacam-macam makanan ringan tradisional, dan favorit kami adalah abon sapi yang ditempatkan di dalam toples-toples besar dengan berbagai rasa dan harga. Dan setelah membandingkan dengan beberapa toko oleh-oleh di daerah lain, ternyata harga abonnya sangat bersaing loh!

Kami pun membeli abon merk Ibu rasa polos, bawang, dan pedas. 


Selain abon, jangan lupa membeli getuk Eco yang sudah terkenal dimana-mana, namun harus segera disantap ya karena getuk ini sepertinya tidak menggunakan bahan pengawet.


Makanan lainnya juga tidak kalah sedapnya seperti klanting dan sale pisang, saya sarankan membeli sale pisang yang bentuknya bulat-bulat (merknya lupa) rasanya lebih enak dibanding yang lain.



Toko FIORY Magelang

Makanan khas yang kami beli di toko ini adalah Getuk Bollen. Seperti namanya, penganan ini adalah perkawinan dari bollen yang crispy dan getuk yang empuk dan 'tebal'

www.fiorybakery.com
Toko mungil yang berlokasi di Jl. Diponegoro 17 ini menjual bermacam-macam kue, namun yang terkenal salah satunya ya Getuk Bollen ini, dan saat kami datang siang hari nyaris sudah habis! Alhamdulillah kami berhasil menyelamatkan 3 kotak yang langsung kami santap beramai-ramai. Kue ini sangat padat sehingga makan satu saja sudah berasa kenyang.

Toko PANGESTU Cirebon
Ini adalah toko oleh-oleh paling terkenal di Cirebon, dan memiliki 2 cabang besar di Jalan Sukalila Selatan 49 dan Jalan Siliwangi 165.
Oleh-oleh favorit kami di toko ini adalah ikan teri medan dalam toples, tape ketan, rambak, klanting, sale pisang (klanting & sale pisang adalah favorit anak-anak, jadi ya beli terus setiap mampir ke toko oleh-oleh hehe)
Ada juga sambel toples kecombrang, namun tidak kami beli karena kebetulan masih ada stok sambel di rumah.
Toko ini juga menjual batik Cirebon dengan berbagai model yang menarik untuk dewasa dan anak-anak.

Toko-Toko di PANDANARAN Semarang
Daerah Pandanaran Semarang sangat legendaris menjadi destinasi wisata oleh-oleh bagi para wisatawan, tentunya target buruan utama adalah bandeng presto, lumpia, dan saat kami berkunjung ada oleh-oleh lain yang tak kalah lezat yaitu tahu goreng batagor (merknya lupa), mochi, dan tentunya sale pisang hahaha

Toko/Kios Telur Asin di Brebes
Kalau anda melewati jalur Pantura begitu memasuki kota Brebes, anda akan menemui banyak kios/toko yang menjual telur asin berbagai jenis. 

Kami mampir di kios telur asin Bintang, dan membeli beberapa macam telur asin (rebus, oven, panggang) dan langsung mengeksekusi telur tersebut di perjalanan :) 

Telur asin panggang dengan penampilan gosong, ternyata memiliki rasa yang lebih nikmat dibanding yang rebus atau oven. Rasa yang khas dan nikmat tersebut didapat dari aroma dan rasa asap dari proses pemanggangannya. 

Untuk oleh-oleh saya sarankan untuk membeli di saat pulang, karena telur asin ini hanya tahan 1-2 minggu di luar kulkas.

Selamat berburu oleh-oleh:)

1 komentar: